+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect

Thursday, 4 January 2018

Huawei Nova 2i Ponsel Empat Kamera Real Camera Harga Bersaing

Layarnya begitu mempesona

langitsenjaku13.blogspot.co.id – Gebrakan inovasi kembali berhasil ditetaskan oleh pabrikan ponsel asal negeri tirai bambu, disaat yang lain berlomba dengan layar indahnya, dual kamera yang hanya terletak didepan atau hanya dibelakang saja, atau yang berselogan real camera dengan resolusi tinggi saja, Huawei berani memberikan inovasi 4 kamera dan juga layar indahnya, iya inilah dia Huawei Nova 2i.

Huawei Nova 2i memiliki desain layar yang kekinian dengan resolusi 18:9 serta sudah FHD 5,9 inc dengan panel IPS LCD, yang membuatnya tak bosan-bosan untuk dipandangi selalu setiap harinya. Huawei ini menjadikan layarnya full view display. Lalu disektor kamera Huawei Nova 2i mempersenjatai dengan 4 kamera yang ada didepan dan dibelakang, yang sama-sama beresolusi 16 megapixel dan 2 megapixel serta semuanya mendukung fitur live focus.

Masih disektor kamera, kamera Huawei ini banyak sekali fitur andalan didalamnya selain live fokus, ada nightmode yang mampu memotret dikala minim cahaya dengan hasil ciamik, mampu memotret bintang-bintang dimalam hari dengan fitur milkyway, serta kamu yang hobi foto dengan memanfaatkan berbagai cahaya anda juga bisa memanfaatkan fitur lightmode yang menjadikan anda seperti pemotret profesional.

Untuk hasil jebretan dari Huawei tidaklah mengecewakan, hasil jebretannya terbilang bagus dan sangat direkomendasikan untuk dibeli bagi kamu yang hobi fotografiphone. Selain fitur diatas, masih terdapat fitur yang lain yang mungkin akan dijelaskan oleh penulis ditulisan lainnya, tetapi penulis menjamin bahwa fitur dalam kamera Huawei Nova 2i sangat bermanfaat dan mendukung kamu yang ingin menjadi fotograferphone profesional dengan rentang dana 3 sampai 4 jutaan.

Berlanjut kesektor dapur pacu, Huawei dipersenjatai oleh CPU besutan mereka sendiri yaitu Hisillicon kirin 659 octacore, walaupun bukan CPU kelas atas besutan Huawei tapi nampaknya CPU ini sudah mampu membuat ponsel ini sangat nyaman buat sehari-hari dalam pengoreasian. Dengan Ram 4 GB juga membuat Huawei ini lancar dalam multitesting, 20 aplikasi mampu dilahapnya tanpa ada lag menjalankannya loh! Untuk internal dibekali dengan kapasitas sebesar 64 GB dan mampu ditingkatkan dengan dukungan microSD sebesar up to 128 GB loh! Foto, video dan segala file yang kamu punya bisa kamu simpan tanpa takut ada notifikasi internal penuh.

Untuk baterai didukung dengan baterai yang cukup walaupun bukan super besar yaitu 3340 mah, mampu menemani kamu beraktivitas seharian dengan hanya satu kali mengisi daya baterai. Untuk baterai adalah beterai tanam, yah seperti kebanyakan ponsel diera sekarang, kenapa hobi dengan baterai tanam padahal kan harganya agak mahal kalau sampai drop dan harus ganti.

Untuk kekurangan adalah belum adanya fitur mengisi daya cepat, masih belum menggunakan USB tipe C padahal yang lian diretang harga yang sama sudah banyak menggunakannya. Tetapi agaknya dengan sederet keunggulan terutama disektor kamera dan juga layar menjadikan kekurangan yang bisa saya bilang minor ini termaafkan, apalagi ini sudah garansi resmi Huawei Indonesia loh, jadi tidak perlu khawatir kesulitan untuk mendapatkan pelayanan bila ada masalah.

Penulis @hakimlfc13

Salah Tapi Tak Salah

Salah resmi berbaju Liverpool

langitsenjaku13.blogspot.co.id – Manusia adalah tempat dari berbagai kesalahan, memang iya benar ungkapan ini serta ungkapan ini sungguh tak asing buat kita mendengarnyakan? Tapi biar pun manusai adalah tempat dari berbagai kesalahan tetapi janganlah dengan mudahnya berbuat salah dan setelah membela diri dengan ungkapan ini apalagi lagi dengan dalil saya akan intropeksi, kesannyakan membuat kesalahan bukan lagi hal yang salah, wong dengan begitu mudahnya akan tobat! Benar apa tidak? seharusnya kesalalahan itu diusahakan sedemikian mungkin agar tak melaksanakannya, nah baru kalau sudah sangat kali berusaha tetapi tetap ada salah baru bisa dimaklumkan.

Tapi tahukah kamu bawah didunia ini ada Salah tapi tak salah loh! Kok bisa? Ya jelas bisa, salah disini bukan saat itu berbuat kesalahan akan tetapi Salah disini adalah salah pemaian dari timnas Mesir dan juga sekarang bermain bagi klub The Red Liverpool. Disini nanti penulis akan membahas terkiat Salah di selama tahun 2017 yang terutama saat berbaju merah bersama Liverpool di Liga Inggris.

Ya kita mulai dari sedikit tentang profilenya, Salah lahir di Mesir tentunya pada tanggal 15 Juni 1995 yang sudah 25 Tahun silam berarti, dengan pemberian nama oleh orang tuanya yaitu Mohamed Salah Ghaly agak aneh bagi kita orang di Indonesia terutamanya, kok Salah? Apa orang tuanya tidak salah memilih nama? Salah kan artinya bersalah? Tidak benar, keliru dan konotasi jelek lainnya, nah itu bagi kita di Indonesia, tapi mugkin juga di Malay atau Madagaskar akan ada terjemahan begitu, tetapi setalah penulis mencari arti nama Salah itu bisa berujuk pada kata Shalah pada bahasa arab yang artinya perbaikkan, pantas sekali kalau timnas Mesir sekarang mengalami perbaikkan dengan lolos ke pildun, ya semoga selanjutnya Liverpool pun akan bernasib baik juga.


Salah memulai debut bermian bola secara profesional adalah bersama tim asal negaranya yaitu El Mokawloon dengan penampilan sebanyak 41 kali serta menyumbang 11 gol ditahun 2010-2012, lalu klub Basel 2012-2014 terpikat dan meminangnya dengan bermian sebanyak 47 kali dan 9 gol bahkan mampu menjuarai liga super Swiss. Selanjutnya Salah bermian untuk Chelsea sebanyak 13 kali dengan 2 gol di tahun 2014, sepertinya saat di Chelsea Salah tak begitu mendapatkan tempat lalu Salah dipinjamkan ke Italia bersama Fiorentina dengan tampil 34 kali dan 14 gol di tahun 2015-2016 yang bisa dikatakan cukup impresif, hal ini akhirnya membuat klub ibukota AS Roma melirik yang secara resmi di tahun 2016-2017 berbaju AS Roma dengan tampil 31 kali dan 15 gol dicetaknya, dari catatan itu hampir disemua tim Salah selalu memberi yang terbaik yang menjadikanya tak salah dengan peningkatan gol disetiap Timnya (kecuali Chelsea).

Untuk jenjang bersama timnas Mesir, Salah sendiri memulai debutnya bersama timnas Mesir U20 dengan bermain sebanyak 11 kali dan mencetak 3 gol pada tahun 2010-2011, lalu dilanjutkan dengan masuk timnas Mesir U23 di tahun 2011-2012 yang bermian sebanyak 11 kali juga dengan 4 gol, peningkatkan? Hal ini menjadikan timnas senior Mesir memanggilnya, pada tahun 2011 sampai sekarang yang Salah tercatat sudah bermian sebanyak 35 kali dengan sumbangan gol 20 dan meloloskan Mesir ke pildun Rusia nanti! Salah juga dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Mesir pada saat masih berbaju Basel.

Karir Salah yang bisa dikatakan impresif ini membuat tim asal Inggris Liverpool pada tahun 2017 kembali berminat meminangnya, dengan dana 39 juta sepertinya Liverpool tak salah memilih Salah, dengan mobilitasnya yang tinggi dan pergerakan super cepatnya Salah langsung Klop dengan Liverpool dibawah asuhan Jurgen Klopp, hanya dengan 3 bulan kurang lebih Salah mampu menjobol gawang tim-tim Liga Inggris dengan 17 gol sementara ini, padahal salah bukan penyerang murni loh. Dengan sokongan Mane, Firmino dan Coutinho menjadikan Salah sangat menikmati lari-lari super cepatnya di Liverpool.

Agaknya Salah memang tak salah berbaju merah tim asal Liga Inggris ini, dengan bermian yang bisa kitakan belum lama Salah bisa memperlihatkan kemampuannya. Saya harap sih Salah bukan menjadika Liverpool hanya sebagai klub menampa diri dan membuktikan kata-katanya ingin merengkuh gelar Liga Inggris bersama Liverpool, semoga untuk ini Salah tak salah ya? 

Penulis @hakimlfc13

Saturday, 25 November 2017

The Story of Hakim Life - Epilog

Bacalah ceritaku

langitsenjaku13.blogspot.com – Bruuuuuuaaaakkkkk, sebuah kecelakaan antara motor dan sebuah mobil disebuah jalan yang berdekatan dengan kampus, sebuah motor matic yang beradu dengan sebuah mobil bak terbuka, remuk dan hacur motor tersebut. 25 November 2016 setahun yang lalu, iya benar ini tepat satu tahun kejadian, syukur wajib saya panjatkan kepada Tuhan atas pemberian kesempatan kedua untuk menjadikan kehidupan yang lebih baik lagi, terima kasih Tuhan. 

“Nang tukokke gola abang mbi kelapa ya” pinta Ibuk pada ku,
“Buat apa Buk?” tanyaku,
“Setahun pas kuwe tibo, mesisan nyelameti adikmu barang”.

Sebenernya banyak hal saya kurang ketahui tentang tradisi ini, kenapa sebuah kecelakaan harus dirayakan? Begitulah kadang pikiran yang ada dibenak ku, tapi ya mungkin belum waktunya sama mengerti.

Nguingggggg senajak berasa tuli, seperdetik sempat putih saja yang aku lihat tanpa ada hal yang lain yang bissa aku pandang sepanjang mata, sebentar kemudian orang rame mengeruminiku dan sayup-sayup aku pun mulai bangun dan sekidit merasan kesakitan dikarenakan kaki kiriku yang terhimpit motor, setalah melihatku yang bergerak dan menunjuk kakiku yang terhimpit beberapa orang serta Pak polisi mengangkatku memindahkan dimobil polisi.

Aku sadar, bahkan masih sempat membuka ponsel dan mengirim kebeberapa sahabat dekatku diperkuliahan. Mobil pak polisi yang bergerak begitu kencang serasa lamban sekali, yang asalnya ku rasakan cuma kaki yang sakit ternyata pusingmu mulai aku rasakan, darah mulai mengucur dari mulut dan hidung, padahal aku merasakan diawal tidak lah parah Cuma kaki doang yang ngilu.

“Lapor komandan, terjadi kecelakaan antara pengendara motor dan mobil bak terbuka, saat ini kami sedang membawa korban ke RS M********U, di TKP sudah ada yang mengurus, untuk lokasi dekat kampus UM*” terdengar percakapan pak polisi. Aku yang Cuma melamun dan kembali mencoba berpikir kebalakang kenapa ini bisa terjadi?

Tiba-tiba pak polisi bertanya “Dek masih sadar? Gimana pusing-pusing?, dongak aja jangan sampai darah banyak keluar”,
“Pak ada tisu?” tanya gue, lalu diserahkannya tisu tersebut.

Tibalah aku dirumah sakit, langsung diarahkan saya pada sebuah ruang yang memang dibuat khusus bagi yang masih rumah sakit dan bagusnya langsung dibersihkan dan diberi pertolongan pertama.

Pak Polisi pun bertanya “Dek ada nomor orang tua yang bisa dihubungi apa tidak?” lalu tanpa menjawab au pun menyerahkan ponsel ku yang dibawa agak menjauh olah Pak Polisi dan terlihat dari jauh Pak Polisi dengan bercakap-cakap melalui ponsel.

Gak begitu lama datanglah beberapa teman, iya teman-teman dekat diperkuliahan yang melahan sudah berasa seperti saudara sendiri. Terlihat ada beberapa cowok dan satu cewek disana, berapa-berapa cowok ada yang masuk dan menanyakan kabar, ada juga yang gak berani masuk karena takut darah, ya karena pada saat itu darah keluar terus menerus dari mulut, untuk hidung sudah tidak. 

Seorang perawat wanita yang sepertinya sudah senior masuk “Maaf ya untuk yang jenguk harap bergantian atau didampingi satu orang saja”, bergantian teman cowok sekalas yang masuk dan keluar dikarenakan rata-rata takut darah, hahahaha, jadi cuma satu cewek ini saja yang berani. Dikarenakan orang tua yang belum sampai jadi belum bisa mendapatkan ruang pasian dulu, katanya harus nunggu ada TTD dari orang tua dulu.

Uhuuuukkk, aku batuk dan ada darah, “Ana kresek gak, aku lah pengen muntah iki”, sebuah kresek diserahkan dan darah pun aku keluarkan, entah berapa kali saya mengeluarkan tapi yang jelas hampir satu kresek itu dulu penuh darah dari mulut. “Kok aku iso kecelakaan ya? Kae tugas kuliahku piye? Kelompokan mau seng meh tak kerjakke piye?”. “Wis tho Kim rak usah mikir tugas sek, mau tugas kelompok seng kelompokmu wis tak kabari, wis angger waraske awakmu, ora bakal ketinggalan kok”, “Lah laporan PPL yo rung tak kerjakke”, “Lah ojo mikir tugas sek!”.

Beberapa saat teman kluanta-kluntu ku dikuliah yang masuk “Piye john? Gak opo-opokan?”,
“Hahahaha gak popo john, iki seh iso jawabi kuwe”,
“Hahahaa kuwe ki mlubu rumah sakit loro ngunu seh iso guyon”
“Lah daripada nangis, hahahha”.

Hampir 30 menit kayakke nunggu orang tua datang hingga admintrasi selesai dan mendapatkan ruang. Ada waktu gap sekitar 10 meenit kayaknya antara setelah selesai adminitrasi hingga pemindahan, saat diwaktu gap itu aku sendiri, iya gue nangis john! Otak gue terus berputar, terus mereback mencoba memutar ulang waktu, disitu banyak sekali ketakutan-ketakutan yang menyeruak! Dari mulai nasib kuliah semester ini gimana? Bisa ikut skripsi bareng satu angkatan tidak? bisa wisdua tepat waktu tidak? dan tugas kuliah ku apa kabar? Laporan PPL kepiye nabispe? Hingga lamunan bercampur tangisku reda saat perawat dan temanku masuk, rencana perawat mau memindahkan keruang.

Disepanjang jalan perawat sering mengajak ngobrol dengan sekedar bertanya kuliah semeter berapa,
“Semester berapa masnya?”,
“Semester 7”,
“Nah sebentar lagikan mau skripsi harus sehat”,
pertanyaan-pertanyaan simple selalu dilontar sang perawat, rupanya kalau dugaanku ini sang perawat mencoba mengajakku berkomunikasi untuk menjaga kesadaranku.

Berjalanlah hingga sampai disebuah tempat dilantai berapa, aku lupa tapi ada tulisannya radiologi, lansunglah digelandang masuk dan teman sekelasku yang mengikuti tidak diperbolehkan masuk maka harus menunggu diluar. Didalam ruang tersebut tinggal saya dan seorang wanita yang bertugas,
“Yang diluar nunggu cewek itu siapa?” tanya siwanita ini,
“Temen kuliah” jawabku,
“Semester berapa masse” tanyanya kembali,
“Semester 7, ehh mbak kok saya takut!”,
“Gak usah takut cuma dipoto doang”. Selesai dan akhirnya kembali digelandang kerunag pasien.

Kesedar info, ternyata eh ternyata siwanita yang tugas tadi itu adalah temannya temanku, hahahaha, kenapa aku bisa tau? Karena siwinita alias mbak-mbak tersebut cerita kalau ada anak dari kampus UM* yang kecelakaan oarngnya putih tapi sakitnya sambil tertawa-tawa, dan temenku ini cerita pas saya sudah kembali masuk kebangku kuliah lagi, agaknya dunia ini memang sempit.

Balik lagi kedigelang keruang pasian, saat itu pertama masuk mendapatkan ruang pasian dikelas yang kalau diibaratkan kereta ya kelas ekonomi dimana banyak pasian yang lain dalam satu ruang, aku sih tidak terlalu mempermasalahkan lagian itu pun juga harus nunggu beberapa saat lagi karena ruang penuh dan saya masuk keruang yang entahlah. Didalam diruang sementara itu saya pun hanya berdua saya. 

“Pacarmu iki nek endi?” tanyakku,
“Lagi nek S*******, mau wis tak kandani kok”,
“Ehhh tugas kuliah iku ngumpul kene kapan?”,
“Lah iseh suwe, santai tah”,
“Mengko nek aku wis bar jaluk tulung kumpulke ya?”,
“Gampang iku”.
Gak berasa cukup lama juga nunggu dapat bagian kosong, tapi sebenernya ruang sementara ini juga enak.
“Fotoke wajahku lah”,
“Ngopo kecelakaan kok sek poto”,
“Lah pengen, pengen eroh”.

Cekrekk poto wajahku dan akhir aku tau wajahku begitu serem, dengan sebuah benjolan yang lebih dari sekedar bakpao, dengan mata yang sangat sipit dan agak membiru, serem batinku. Tidak terasa akhirnya aku pun kembali digelandang keruang yang sudah ditentukan, disitu sudah ada beberapa teman dan Bapakku, untuk Ibuk hari itu kuliah dan memang sengaja Bapak saya larang untuk mengabari sampai pulang kuliah.

Satu persatu teman yang lalu lanang untuk sedekar menghibur, dan ada yang pamit begitu juga juga teman yang sudah menunggu dari awal saya dibawa ke RS. Beberapa saat setalah agak sepi ada sudah ada Bapak dan Ibu serta dokter yang akan menangiku, aku melihat dari kejuahan meraka bercakap-cakap, hingga akhirnya Bapak masuk dan berkata
“Hemmm misal nek benjolmu iku ana seng patah nek jero berarti dioperasi, mungkin mengko bengi operasi”.
Aku lihat Ibuk yang sejenak diam, dan rupanya Ibu melihat geliatku seketika Ibu berkata
“Wis rapopo nang, nek ancen iso marai kuwe cepet mari”,
“Lah Buk mbekas opo orak”,
“Ya mesti ana bekase tapi wis tah ora opo-opo”,
lalu Bapak ikut ngomong “Iki kan iseh kemungkinan, lan iku kemungkinan hasil terburuk, dadi akehke wahe doa ben gak perlu operasi”.

Tidak terasa aku ketiduran dan bangun saat jam 8, masih ada teman yang menjenguk, dan Ibuk pun ngomong “Gak perlu operasi nang, mengko iko kimpes tapi ancen ya rada suwe”. Ahhh lega rasanya tapi ganti sebuah pertanyaan? Berapa lama?

Satu hari disini, rupanya membuat Ibukku kurang betah, dengan alasan untuk membuat aku bisa beristirahat dengan suasana yang tenang, Ibuk pun membujuk Bapak untuk mencari ruang yang lebih tenang, dengan agak berusaha dikarena pada saat itu rumah sakit sedang ramai hingga malamnya mendapatkan ruang baru tapi kemungkinan esok pagi baru bisa ditempati, Ibuk pun menyetujui. Pagi aku kembali digalandang kerunag baru, dipenjang jalan aku pun diajak bicara dengan parawat yang sudah sehari menanganiku,
“Pindah enggon, migrasi masse, hayo diminggir-minggir”,
aku pun tertawa saat mas-mas perawat yang mungkin usinya 1 atau 2 tahun diatas ini.
“Lah kok malahan guya-guyu”,
“Hahahaha, gak popo masse ben ora ketok nek loro”,
“Hahaha, lah wong-wong wis reti nek loro, wong wis ketoro”, lalu aku pun hanya tertawa.

Hemm info dua perawat yang menangani ruang peratama itu terbilang diisi anak-anak yang masih muda, mungkin baru lulusan atau yang baru 2 tahun kerja, dan kurang hobinya perawat yang merawat saya diruang terdahulu yang 2 mas-mas ini, kenapa gak mbak-mbaknya aja? Hahahaha. 

Hemmm penjelasan lagi, sebenernya aku adalah orang yang agak aneh, atau bisa dikatakan agak istimewa, ya kerana agak beda. Kepana bisa aku sendiri bilang berbeda? Sebab saat saya merasa sakit itu suka tertawa apalagi kalau dihadapan orang lain (bukan dari keluar), lalu ada sepertinya respon agak lama atau dibilang gap respon antara syaraf yang menyalurkan rasa sakit dan rasa kurang senang keotak, nah misal gini ya “aku sedang tertusuk jarum atau terkena pisau, itu pada saat terkena tersebut darah keluar tidak lansung merespon dengan teriak atau bilang aduh-aduh tetapi agak lamalah baru merespon rasa sakit. Ada lagi contoh jari tanganku terkena wajan saat masak, kan otomatis melepuh, nah pas kena itu tidak langusng berkata aduh panas-panas tetapi jalan beberapa meter baru bilang aduh-aduh, sama halnya saat terjepit pintu. Ada lagi saat nginjak taik kucing, ini tambah aneh lagi dikerenakan walaupun sudah tau nginjek taik kucing biasanya itu aku cium dikit dulu, lalu jalan dan membersihkan, baru setelah bersih bisanya teriak hi hi hi padahal udah dibersihkan loh”, lucu memang.

Dan krekkkkk masuk keruang baru, disini Cuma muat untuk empat pasien dan itupun Cuma terisi 3 saja termasuk aku. Lalu disini juga perawatnya sudah tidak muda, rata-rata sudah berkeluarga. Dan sinilah beberapa hari saya menghabiskan waktu hingga berhari-hari sampai diijinkan pulang.

Setelah pulang, dua hari dirumah lalu aku pun langsung kembali kuliah lagi, sempet oarng tua melaran tapi aku bersikeras untuk berangkat dan berangkat sendiri hingga orang tua mengijinkan. Pada saat pertama kuliah setalah dari RS mukaku masih benjol padahal udah berhari-hari dirumah sakit dan setiap minggu sekali juga harus kontrol, hemmm tapi kenapa yak yang kemarin habis kecelakaan katanya benjol sebesar bakpao bisa cepet sekali kimpes? Padahal aku kimpes loh membutuhkan waktu hampir setengah tahun, bahkan sampai sekarang wajah bagian kiriku masih ada rasa aneh saat disentuh.

Terakhir, sebenernya tulisan ini saya tuliskan buat teman sekelas yang sudah rela menunggu saya diawal masuk RS hingga orang tua datang. Bagi kalian yang jomblo, kalian orang-orang baik saya yakin akan pendapatkan orang yang baik.

Penulis @hakimlfc13

Tuesday, 7 November 2017

Seminggu Memakai Nougat di Samsung J5 Prime (Update Official)

Loading setelah update J5 Prime


langitsenjaku13.blogspot.co.id – Wahai para pembaca dan pengunjung setia blog saya ini, saya sapa dululah, tidak terasa sudah lama gak nulis lagi, nah kali ini saya akan membagikan pengalaman seminggu setelah melakukan update pada ponsel J5 Prime saya ini. Sebelumnya sempat terjadi kegaduhan digrup J5 Prime setelah sepertinya tanda-tanda update yang tak kunjung datang, bahkan kadang ada yang ngebully juga tapi setalah dapat update kaum jenis itu bak hilang ditelan bumu, hahahha.

Tanggal 16 Oktober 2017 dimana Samsung resmi memberikan update nougat pada user J5 Prime di tanah air, biar pun agak mundur dari tanggal yang banyak beredar tapi toh dikasih update juga kan? Bila ada yang mikir update O, sepertinya sih agak belum mungkin, sebab ini updatenya juga diandroid nougat 7.0, tapi bila updatenya di android nougat 7.1.1 atau 7.1.2 mungkin saja persentase mendapat update android O lebih besar.

Notifikasi update nougat J5 Prime

Kembali lagi ke update nougat di J5 Prime saja, update ini berkisaran hampir 1GB dan agaknya berbeda dengan versi luar yang mendapatkan update lebih dari 1GB, dari hal ini saya akan sedikit berspekuliasi mungkin saja akan ada update kecil untuk user J5 Prime dikisaran waktu dekat ini.

Dari segi tampilan, jelas tampilan J5 Prime setalah update nougat ini terkesan lebih fresh, ada kesan baru bahkan seperti membeli ponsel baru. Banyak tampilan yang secara besar dirombak, dari tampilan home yang ala-ala S8 dan widget cuaca pun juga persis, bahkan widget google pun bisa memlilih yang sisi-sisinya melengkung, selanjutnya beberapa widget punya opsi transparan, dan saya sangat suka dengan ini.

Untuk segi gulir antar menu dilayar terkesan sangat halus dan lancar, bahkan tidak ada kesan berat pada ponsel. Dan yang tidak bisa dipercaya itu setalah update malahan internal bertambah longgar, saya ingat betul pada saat memakai J5 2015 saat update dari loli ke M, dari yang awalnya free 5GB setaah di update M menyusut menjadi free 4GB! Tetapi di update dari M ke N ini malahan bertambah longgar 1GB, dari yang awalnya 7GB menjadi free 8GB.

Lalu fitur yang sangat ditunggu selanjutnya pasti multiwindow, yap setelah update ke N maka fitur ini akan otomatis tersemat. Kamu bisa nonton video sambil chattingan loh! Main game sambil edit poto juga bisa kok, pokoknya kamu yang hobi mendua sangat cocok dengan fitur yang multi-multi kayak ini.

Apa lagi ya fitur yang baru? Hemmm ehh dual apps kayak ponsel tiongkok ada? Jelas ada! Nah ini cocok lagi buat kamu yang punya banyak gebetan! Dimana kamu bisa clone apps chattinganmu, WA? BBM? Line? FB? Kakao? Bisa kok! Semua aplikasi untuk chatting bisa kamu cloning loh! Jadi berapun gebetanmu tetap bisa kamu chat dengan akun dan nomor yang berbeda, hahahaha.

Setelah bahas fitur unggulan yang mungkin masih banyak dan belum sempat saya jelaskan, sekarang saatnya membahas kekurangannya deh. Kalau ada pertanyaan, kok masih ada yang kurang? Hahaha, gini ya, ini kan update secara besar-besaran untuk pertama kali jelas masih ada beberapa bug kecil yang akan ditemui.

Pertama, baterai! Ada beberapa pertanyaan, apa setalah update baterai bertambah boros? Oke saya jawab, menurut saya sih ada sedikit penurunan waktu pemakaian, tapi tidak terlalu signifikan kok. Pada saat J5 Prime yang saya pakai masih menggunakan android M, pemakaian bisa menembus dikiasaran waktu 1 hari 10 sampai 12 jam dengan screen on time 6 jam pemakian normal sinyal on, sementara saat update android N pemakaian menjadi 1 hari yang kadang lebih 1 dan 2 jam dengan screen on time juga 6 jam.

Selanjutnya adalah adanya sedikit blank hitam saat ponsel baru dihidupkan dalam keadaan mati posisi ingin membuka kunci layar pertama kali. Iya ini juga saya mengalaminya, setalah ponsel selesai di isi, saya biasanya terbiasa langsung memakainya, tetapi saat setelah menghidupkannya dan layar redup, maka saat membuka kunci akan ada jeda seperti blank dilayar beberapa detik tapi sungguh ini tidak mengganggu.

Lalu led notifikasi yang tidak menyala setelah update, hal ini juga sempat saya alami. Tetapi ini bukan bug kok ternyata, tetapi ternyata harus kita atur lagi untuk led notifikasinya, dan setalah saya atur lagi led kembali menyala normal seperti awal setiap ada notifikasi yang masuk.

Nah itu hal-hal yang saya rasakan dan beberapa fitur baru yang saya temui setelah melakukan update pada J5 Prime saya, bagi yang ingin mengupdate tidak perlu lagi ragu, karena aman, dan tidak pelu copot memori segala. Nah bagi yang menemui fitur baru dan belum sempat saya tulis bisa deh tulis dikomen yak.

Penulis @hakimlfc13

Monday, 9 October 2017

Kita Memanfaatkan Gadget, atau Gadget Memperbudak Kita?

Bijaklah dalam penggunaan Gadget

langitsenjaku13.blogspot.com - Saya punya ratusan bahkan ribuan teman, saya berbicara dengan mereka setiap hari, namun tak satupun mengenal saya, masalah yang saya alami adalah adanya perbedaan antara menatap lawan bicara atau hanya melihat nama mereka dilayar.

Saya melangkah mundur dan membuka mata saya, melihat sekeliling dan menyadari bahwa media yang kita sebut social ini memang segalanya namun,,, ketika kita membuka komputer atau handphone kita,saat itulah kita menutup pintu kita.

Semua teknologi yang kita punya ini hanyalah suatu ilusi. Komunitas, persahabata,rasa kebersamaan. Ketika kamu beranjak dari perangkat khayalan ini, kamu tersadar dan melihat dunia yang membingungkan.

Dunia dimana kita diperbudak oleh teknologi yang kita ciptakan. Dimana informasi dijual oleh orang-orang kaya yang rakus, dunia yang dipenuhi kepentingan pribadi, pencitraan, promosi diri. Dimana kita memberikan bagian terbaik kita tanpa menggunakan perasaan.

Kita merasa paling berbahagia ketika berbagi pengalaman. Akankah sama rasa nya bila tidak ada orang lain? Datangi teman-teman mu dan mereka pun akan mendatangi mu. Mereka takkan mendatangi mu bila kau temui mereka di group message atau media sosial.

Kita selalu membanggakan diri dan mengharapkan pujian. Kita pura-pura tidak menyadari bahwa kita terasing secara sosial. Kita merangkai kata hingga terlihat hidup kita indah, padahal kita tidak tahu apakah ada yang peduli, sendirian bukan lah masalah, itulah intinya.

Bila kamu membaca buku, melukis atau melakukan latihan tertentu, kamu menjadi produktif dan diakui, bukan hanya menjadi pelengkap. Kamu sadar sepenuhnya dan penuh perhatian dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Jadi,ketika kamu berada ditempat umum dan merasa kesepian,,, angkat tangan mu dan jauhkan dari telepon. Kamu tidak membutuhkan nya kan? Bila perlu hapus daftar kontak mu, saling berbicaralah,belajar hidup bersama.

Saya tidak tahan melihat keheningan dalam angkutan umum yang penuh sesak. Dimana tak seorangpun ingin berbicara karena takut dibilang aneh. Kita menjadi anti sosial. Kita tidak lagi terpuaskan dengan hubungan antar manusia dan saling bertatap mata.

Kita dikelilingi oleh anak-anak,yang sejak mereka dilahirkan, melihat kita hidup seperti robot dan mereka menganggap itu normal. Sepertinya mustahil untuk mejadi orangtua hebat karena kamu tidak bisa menghibur anak tanpa menggunakan iPad.

Saat saya kecil,saya tidak pernah di rumah,selalu bersepeda keluar bersama teman-teman,sepatu saya sobek dan lutut saya tergores karena membangun rumah diatas pohon. Sekarang teman sangat sunyi dan sepi.

Tak ada anak-anak yang bermain, ayunan pun tak pernah bergerak. Tidak ada yang bermain,berlari dan meloncat. Kita adalah generasi idiot. Telepon pintar dan manusia bodoh. Jadi,alihkan perhatian dari telepon mu dan matikan layar nya. Hidupkan lingkungan sekitarmu, ciptakan hari yang indah.

Cukup satu hubungan nyata!!! Hanya itu yang dibutuhkan... untuk menunjukkan perbedaan yang di ciptakan oleh kehadiran. Hadir pada saat dia memandangmu, yang akan kamu ingat selamanya,saat dimabuk cinta. 

Saat pertama dia memegang tangan mu. Saat pertama kali kamu berbeda pendapat namun tetap mencintainya sepenuh hati. Saat dimana kamu tidak harus menceritakan ratusan hal yang sudah kamu kerjakan, karena kamu hanya ingin menikmati waktu bersamanya.

Saat kamu menjual komputer mu supaya bisa membeli cincin untuk gadis impian mu yang sekarang menjadi nyata. Saat dimana kamu ingin memulai satu keluarga dan pertama kali memegang tangan gadis kecilmu dan jatuh cinta lagi. Saat dia selalu membuatmu terjaga kala kamu benar-benar ingin istirahat dan saat kamu menghapus air matamu ketika anakmu meninggalkan rumah.

Saat gadis kecilmu kembali dengan membawa bayi untuk kau gendong, dan saat dia memanggilmu kakek hingga kamu merasa tua. Saat kamu mendapatkan semua yang telah kamu ciptakan dengan memberikan perhatian yang nyata, betapa bahagianya kamu karena tidak menyia-nyiakan waktu hanya bermain dalam dunia khayal.

Saat kamu memegang tangan istri mu,duduk disamping tempat tidur nya. Kamu bilang bahwa kamu menyayangi nya lalu mencium kening nya. Kemudian dia berbisik pada mu disaat-saat terakhirnya, bahwa dia sangat beruntung menemukan dirimu.

Tapi semua itu tidak akan pernah terjadi. Kamu tidak akan pernah mengalami satupun hal itu. Bila kamu terlalu sibuk melihat kebawah, kamu akan melewatkan berbagai kesempatan. Jadi alihkan perhatian dari telepon mu, matikan semua layar itu. 

Waktu kita sangat terbatas. Jangan buang hidup mu dengan berkutat diinternet. Karena bila saat nya tiba yang ada hanya penyesalan. Sayapun merasa bersalah dengan menjadi bagian dari ini semua.

Dunia digital yang kita dengan tapi tidak terlihat, dimana kita berbicara dengan mengetik dan mengobrol dengan cara membaca, dimana kita menghabiskan waktu bersama tanpa saling bertatap mata. Janganlah kamu masuk dalam kehidupan yang mengikuti publisitas berlebihan. Berikan orang rasa cinta dan perhatian mu.

Jangan beri mereka "like" mu. Jauhkan keinginan untuk didengar dan diakui, keluarlah ke dunia nyata dan tinggalkan semua itu. Alihkan perhatian dari telepon mu,matikan layar nya. Jalani kehidupan secara nyata.

Sumber Agan Ahmad Rifai
Repost @hakimlfc13

Saturday, 7 October 2017

The Story of Hakim Life - Gadis dalam Toilet (Part I)

Bacalahceritaku

langitsenjaku13.blogspot.co.id – Suatu pagi yang cerah, hari itu entah apa gue sudah lupa sepertinya. Dimulai dengan aktivitias biasa yang sering gue lakukan dari bangun tidur, jamaah sholat subuh biasanya gue lakukan walau kadang sering datang telat satu rakaat tapi tidak apa-apalah, lalu lanjut lari-lari kecil sampai batas desa alias depan smp kalau lagi mood, dan setelahnya iya jelas menyapu depan rumah merupakan hal biasa bagi gue, gue laki-laki tepatnya agar kelak kalau diberi karunia pasangan yang berkarier waktu pagi bisa berkolaborasi, baru makan dan mandi.

Sekitaran jam 7, semua sudah gue persiapkan guna untuk mengurus surat kesehatan dari pukesmas terdekat. Tidak terlalu lama setelah selesai dengan semua persiapan alias ganti baju dan tetek bengeknya tidak lupa pula berpamitan dengan orang tua, gue pacu motor matic kesayangan. Jujur bukan hal mudah untuk sampai kepukesmas, karena ada banyak rintangan, misal salah satunya seperti debu yang banyak berterbangan dijalan desa gue, hahaha.

Sampailah gue dipukesmas, yang kira-kira jaraknya mungkin 10 KM dari rumah. Setelah sampai diparkiran pukesmas, gue pun berinisatif untuk bertanya bagaimana cara mengurus surat kesehatan tersebut kepada salah satu Bapak yang gue temuai alhamdulillah respon Bapak itu baik sampai-sampai diantar masuk kedalam.

“Ngapuntenne ngah pak, kulo bade tanglet, kangge ngurus surat kesehatan niku teng bagian mana ngeh pak?", dengan cekatan bapak tersebut menjawab serta mengarahkan
“Mriki mas, kulo anter ke, syaratte mung butuh KTP mengko dikumpulke” sampai berjalan menuju keruang yang terdapat 3 wanita hingga bapaknya pun meninggalkan gue sendirian.

“Maaf bu mau bertanya, untuk mengurus surat kesehatan KTP ini ditaruh dimana ya?”,
siwanita menjawab “Ditengah mas, taruh saja disitu nanti saya panggil kalau sudah bagian masnya”,
gue pun menjawab singkat dengan tetap memasang wajah senyum “Iya bu, terima kasih” lalu gue duduk dikursi berderet bersama warga lainnya yang juga ikut antre hingga namanya dipanggil.

10 menit, 15 menit nama juga belum dipanggil hingga ponsel gue bergetar tertanda ada sebuah pesan whatsapp yang masuk, sebelumnya gue mengusir rasa bosan ini dengan bermain dengan bayi salah satu warga yang menunggu juga.

Ringtone kucing berbunyi “Gimana? Ngurus surat kesehatannya sudah selesai belum?”,
dengan santai gue jawab “Belum nih masih nunggu nama dipanggil",
gak begitu lama dibalas lagi “Yang sabar ya” dengan emoticon jempol diakhir kalimat yang kadang pesan-pesan singkat gini bisa bikin gue senyum.

Tidak terasa nama gue pun dipanggil Muh.Luqmanul Hakim Nalumsari RT.X RW.X terdengar dari speker, sambil berpamitan dengan warga yang disamping sayapun berjalan menuju arah wanita yang tadi menyebut nama gue.
“Hemm dengan Mas Hakim ya?”,
jawab saya singkat “Iya Bu”, 
“Apakah sebelumnya sudah pernah kepukesmas? Punya jaminan kesehatan?”,
kembali gue jawab “Entah ah Bu, saya baru kali ini kepukesmas dan saya tidak tahu menahu tentang itu”, siwanita kembali bertanya “Oke mas saya cek dahulu, RT.X TW.X ya? Nama ayahnya siapa?”,
jawab gue singkat “Suyatno Bu”,
jawab lagi siwanita “Iya punya, untuk jaminan kesehatanya ada di Ibu Sina ya”, lalu saya iyakan saja hingga siwanita itu meminta gue untuk menunggu diruang tunggu selanjutnya.

Berjalan keutara hingga bertemu kursi berderet lagi, diawal gue kira akan agak sepi tapi ternyata rupanya agak bertambah rame. Clingak-clinguk hingga gue pun mendapatkan kursi deret paling belakang, ohhh yes ada satu tempat kosong dan rupanya kurang mujurnya samping kiri dan kanan gue adalah kaum adam muda yang taulah kurang bisa diajak bicara alias malas ngomong.

Beralih keponsel untuk membalas pesan chat tadi “Kamu kekampus hari ini?”,
5 menit kemudian sebuah pesan masuk “Iya kekampus, ngurus berkas habis ujian kemarin”,
gue membalas dengan bertanya “Jadi ikut ners juga?”,
kembali bergetar kali ini tanpa ringtone kucing “Iya, ikut rencana katanya September udah mulai kok”,
gue pu membalas “O dapat menempatan dimana?”,
kembali pesan masuk “Kota S, nanti dipanti jompo dulu baru di RS”,
pesan kekirim “Wihh keren, aku mah apa ini, hahahaha”.

Tak terasa hampir 45 menit gue menunggu dan jam sudah menunjukkan pukul 10.00, wkwkwk kepengen ketolilet nih, boro-boro jalan agak cepat ketoilet, ceklek-ceklek gangga pintu toilet gue coba putar dan sepertinya ada orang didalamnya, beralih ketoilet sampaing yang gue coba buka dan sialnya pintu tidak bisa dikunci alias terbuka. Dengan menahan hasrat ingin pipis gue pun kembali duduk dan sok cool.

15 menit sudah lamanya gue menahan, dan berarti hampir satu jam pula gue menunggu nama untuk dipanggil, rasa sudah tidak bisa menahan yang membuat gue menuju ketoilet lagi, ahhh satu pintu tertutup lagi, lalu gue alihkan ketempat yang tapi pintunya gak bisa dikunci, mau dibuka orang yah serah deh! Lagian sudah tidak tahan ini.

Gangang pintu gue putar, pintu gue dorong perlahan ahhhhhhhhh krekkkk surat derit pintu dan sialan ada cewek jongkok didalam, rasanya dejavu, sebuah moment yang pernah juga gue dapatkan (skip). Ayo gue ajak pembaca bernostalgia, dulu saat masih berada pada tingkat sekolah menengah pertama gue pun pernah mempunyai pengalaman seperti ini, hari itu hari rabu sepertinya, iya gue masih ingat karena memakai seragam batik warna biru, setiap rabu setelah jam pulang sekolah ditempat gue menuntut ilmu ini ada ekstra yang agak nyeleneh anak bagi kami anak laki-laki, hemmm apa itu? Trala ekstra menjahit.

Bayangkan kelas cewek dan cowok dipisah, dan percaya tidak? apa yang dilakukan kaum laki-laki saat ekstra menjahit dimulai, yap benar! Pertama mencari besi (aksesoris mesin jahit yang bisa diambil lalu dijual), kedua ya kali mesin jahit gak tahan lama karena sering dibuat mainan anak laki-laki.

“Woyy john, mbuk kapakke mesin jahitte kuwi?” tanya gue,
dengan cepat dijawab “Mayan kim, wesine iso tak kumpulke gowo muleh tak dol”.

Dan tau tidak setiap selesai ekstra menjahit ada saja hal yang dibawa teman-teman gue untuk pulang, seperti gunting, tempat benang besi yang terdapat didalam mesin jahit, benang, jarum dan bahkan sempai ada yang nekat dulu membawa dinamo mesin jahit pulang walau dihari kemudian dikembalikan setelah ada protes dari kepala sekolah.

Dan tahu tidak ujian menjahit selain teori yaitu dulu membuat clemek, sejenis kain untuk menutup tubuh saat memasak itu, tidak mau ambil pusing gue pun menyiasati untuk membuat clemek dari rumah yang jelas dibuatkan oleh ibu, dan saat waktu proses ujian clemek gue sembunyikan didalam tas lalu waktu mengumpulkan gue ganti clemek yang sudah jadi dari rumah itu, jeniuskan? Hahahaha.

Seperti biasa, setalah jam pulang sekolah hingga menuju waktu ekstra menjahit dimulai ada tenggang waktu sekitar satu jam, biasa gue habiskan dengan memakan mie instan dikantin, gila john hampir 3 tahun hidupku disini diisi dengan mie instan melulu. Nah setelah memakan mie instan kami selalu keliling dan menyatroni tiap kelas karena untung-untung bisa panen bolpoin hingga alat tulis yang lain.

Waktu gue kebelet BAB, BAB saat itu bagaikan sebuah aib yang harus disembunyikan, karena BAB disekolah akan menjadi lahan ejekkan teman-teman sekelas, sadis john. Pernah deh ketika teman gue sekelas ketahuan BAB, langsung deh pas masuk kelas itu penghuni sekelas menutup hidung, ada yang teriak “Pake sabun gak nih? Kok bau” dan hebatnya itu bisa berlangsung hingga jam akhir tetot alias pulang, yang jelas menjadikan kelas seperti neraka.

Bisa dihitung pula, semasa smp gue hanya BAB disekolah itu 3 kali, iya 3 kali, sekali lagi 3 kali, dan jelas itu pake sembunyi-sembunyi biar tidak ketahuan keteman sekelas, bahkan cerita ini pun teman sekelas mungkin baru tahu setelah gue tulis ini bila mereka membaca.

Memasuki jam nunggu dan pada saat menyantroni kelas, tiba-tiba perut gue mules, dengan alasan yang bikin aman gue pamit bentar keteman untuk buang air kecil, sempat agak curiga teman sebangku gue
“Mau muni mules-mules, sempet ngentut-ngentut barang kok muni neng WC meh nguyuh”,
gue jawab dengan agak membela diri “Husslah meneng wahe tah, rahasia iki, lagian kuwe yo tau ngunu gak tak kandakke kok, jare CS? Meneng yo”,
dijawabnya "Hemmm okelah Kim, gampanglah".

Larilah saya ke WC ehh toilet terdekat, pada saat itu ada dua toilet terdekat dengan posisi gue. Posisi sedang menyatroni kelas adik kelas, maka kedua toilet tersebut adalah toilet laki-laki yang terkenal angker dan kalau pas jam-jam gini yang memang berasa angkernya serta pasti tingkat ketahuannya hampir mencapai 80 persen, kedua toilet wanita bawah tangga yang jelas kemungkinan ketahuan kecil serta agak gelap.

Maka gue putuskan untuk ambil opsi BAB di toilet cewek agar lebih aman, berjalan agak cepat dan waspada siapa tahu ada yang melihat, gue pun tanpa curiga memasuki salah satu toilet cewek, pertama masuk gue pun sudah mengguman dalam hati “gilak gelap amat ini toilet, mana gak ada lampu buat penerangan pula”, seperti biasa ritual masuk toilet yang pertama dan tidak bisa ditinggalkan aadalah mencari gayung untuk membersihkan andai kata ada sedikit kotoran yang tersisa, maka dengan meraba-raba dikarena tidak kelihatan, tangan saya pun mulai bergereliya mencari apa yang saya cari, kekanan kesamping belum juga menemukannya, lalu agak kebawah hingga akhirnya nyesss kok gayung gini ya? Kayak kain ini? dengan agak penasaran gue pun agak membuka sedikit pintu, kreeekkk maka astaga betapa kagetnya gue, ada wanita alias adik kelas gue sedang mungkin buang air kecil jongkok disudut toilet, dengan shock yang membuat hasrat BAB gue tadi hilang sekita, perlahan gue keluar dan kembali menutup pintu.

Gilanya juga itu cewek dalam toilet tidak berteriak sedikit pun, bahkan saat gue raba-raba kerudung dengan pelan masih juga tidak berteriak ya? Aneh memang, dan sampai saat ini gue belum tahu siapa itu cewek dikarenakan lihat wajahnya saja gue tidak melihatnya, hanya saja yang jelas gue ketahui itu cewek adik kelas gue dan umurnya selisih setahun, hahaha.

Dengan pura-pura tidak terjadi apa-apa saya kembali bergabung dengan teman-teman yang ternyata masih dikelas yang sama, dengan berpura-pura tidak terjadi apa-apa saya pun mencoba menjawab pertanyaan mereka,
Bar ngising yo Kim” alah ngaku wahe, aku wis reti kok, mosok nguyuh sek suwe ngunu?”
gue pun menjawab dengan membela diri “Ogak kok, tenan, aku mau gak ngising, cuma nguyuh tok, hem ceken nek rak percoyo, ambungen bokongku mene”,
dengan cepat mereka jawab “Hemmm ogahlah mosok mbuk kon ngambung bokongmu”

Tidak terasa setelah sekian banyak menyatroni kelas hingga mendapatkan peralatan tulis jam masuk ekstra menjahit sudah hampir dimulai. “Yok balik kelas J ah, wis meh masuk ki jahite” kurang 15 menit dengan melihat ponsel lawas saya soner k310i yang pada saat itu termasuk HP eliet karena bisa diinstall banyak game misal pes 2012, POP, assasin creed, nitro fast apa itu, lalu mario bros, sonic, dan metal slug serta lainnya, mereka pun setuju dan memjawab “Wah iyo wis jam semene, ayolah bali kelas J, jupuk tas mbi dokok spidol iki”. Kami pun berjalan menaiki tangga hingga sampai kelas kami paling ujung.

Selesai juga ekstra menjahit hari itu, dan hari selanjutnya moment aneh masuk toilet ada cewek didalamnya masih mesteri dan rahasia hingga saat ini gue menulisnya (skip). Kembali kepukesmas cewek dalam toilet itu berteriak, “Mas mas mbak mas mbak ada orangnya didalam, tutup lagi, tutup lagi dulu”, spontan langsung gue tutup lagian takut juga kalau misal dimasa dipukesmas hanya karena kebelet ingin pipis lalu dikira mau ngintip kan gak lucu?, dengan cepat gue juga menjawab “Maaf mbak, maaf mbak gak tahu kok” maka langsung saja gue kembali ketempat duduk dan kembali menahan yang gila 30 menit lagi akan gue tahan.

30 menit juga gue tahan, hingga mencapai batas gue untuk bertahan, dengan berjalan agak berlari dan mungkin bila sampai ketemu dan cewek tadi tahu kalau itu gue maka gue akan pura-pura baru ketoilet saat itu. Tapi tenang, ternyata sudah tidak ada orang ditoilet, gue pun buru-buru masuk dan ahhh sial baru sedikit nama sudah dipanggil dan sialnya lagi ada bapak-bapak yang mau masuk juga, dengan sigap gue tahan dengan kaki.

Dengan buru-buru gue kembali berjalan sedikit lari menuju keruang pelayanan umum, disana saya dites tensi, berat badan dan juga tinggi badan, hingga akhirnya surat kesehatan keluar dengan cukup biaya 8 ribu saja. Berinisiatif pulang hingga pesan whatsapp masuk “Keren gimana, biasa aja kok. Lah sudah jadi surat kesehatannya?”, gue jawab “Udah kok, ini mau balik”. (Bersambung . . )

Penulis @hakimlfc13

Tuesday, 3 October 2017

Surat-surat Kecil dari Anak-anak Manyargading (Memori KKN UMK 2016)

Salah satu surat

langitsenjaku13.blogspot.co.id – KKN bagi mahasiswa yang ada dipertengahan pasti akan mengalaminya, bayangan KKN sebelum menjalani adalah “ihhh males pasti harus adaptasi lagi, ketemu teman baru yang belum ngerti sifatnya, banyak kegiatan males deh, gak ada air, ahhh bagaimanan nanti tempatnya?”, pasti begitukan? Jujur aja deh.

Tapi kamu tahu? Bahkan kenyataannya KKN tidak selalu berselimut sama kesusahan kok! Banyak kenangan masih yang terkandung, mulai dari dapat banyak teman baru, hari-hari baru nan asyik, ramenya tiap hari, kenikmatan lapar dan haus bareng-bareng, bahkan dapat jodoh dari KKN yang menjadikan KKN itu (Kuliah, kerja baru nikah) :V.

Tak terkecuali penulis, KKN banyak sekali memberikan memori-memori tersendiri, yang manis, asam, pahit sampai horor pun pernah dirasakan oleh penulis. Nah kali ini penulis akan sedikit membagikan kenangan bersama anak-anak di Desa Manyargading dalam sebuah surat-surat kecil yang mereka tulis dan sampaikan kepada penulis. Surat ini sudah ada dari satu tahun yang lalu, dimana diberikan saat KKN UMK 2016 berpamitan, dan surat bagian penulis yang saya bawa pulang baru sekarang mampu membacanya, takut nangis.

Nih pertama dari Fahri, isinya kayak manggil atau mungkin punya maksud lain, "Kak Hakim", hahahha hai juga dek.


Kedua surat dari Syariful Anis yang isinya "Kak Hakim baik dan ramah dan putih", wah makasih dek pujiannya :V hahahaha, itu nulis dan nya kebanyakan.


Ketiga surat dari Erwin yang isinya "Kak Hakim pacarmu sopo?" kalau di bahasa Indonesiakan kurang lebih menanyakan pacar saja, dek Kaka masih jombloh, belum ada pacar.. :V


Lalu keempat surat dari Mukhiddin yang isinya "Semoga selalu bahagia kak" iya dek makasih ya ucapannya semoga aja kakak jadi keluarga yang sakinah mafadah warohmah, yakali kayak nikahan aja.


Nah ini kelima dari Anggi yang nanya "Kak Hakim apa punya jodoh?" walah nanya kayak gituan, ya jelas punyalah walau jodohnya belum kelihatan, mungkin kode-kodenya ada tapi Kak Hakimnya yang gak peka.


Dan enam ini tanpa nama, dan tidak terlalu jelas pula kok, tapi yang jelas sih cuma nama saya doang "Kak Hakim saisakminesaiki", ada yang tahu maksudnya?


Dan ketuju dari Satrio, yang kurang lebih isinya adalah ajakan untuk bermian malam harinya, iya tiap malam kala itu di posko KKN selalu rame anak-anak datang yang sekedar bermian atau juga belajar. "Kak Hakim nanti malam kita bermian".


Kedelapan ini dari Dhanial, yang juga ikut-ikutan mengajak bermian, tetapi mengajaknya besok lain harinya, nah beginilah kurang lebih tulisannya "Kak Hakim besok main lagi".


Kesembilan dari Khikam, dan nanya pacar lagi nih, duh duh duh dek Kak Hakim itu belum ada pacar kok.


Kesepuluh dari Andre, dan isinya gusti aduhhhhh nanya pacar lagi, harus Kak Hakim jawab berapa kali ini? Hahahah.


Kesebelas ada dari Nadya Jennikap, namanya kap kap kayak orang Thiland aja, dan isinya sih kayak nasihatan saya, beginilah kurang lebih isinya "Kak Hakim jangan nakal, wes ganteng kok nakal sih", Kaka sih sebenarnya ya memang gak nakal kok, orangnya baik rajin nabung rajin ibadah pula, tapi sayang masih jomblo.. hahahahah.


Dan ini dari siapa ya? ohhh kedua belas tanpa nama yang isinya "Untuk Kak Hakim, kak besok moro eneh ya kak, ambek kakak-kakak kabeh", oke aku siap dek, kapan-kapan kalau ada kesempatan kesitu lagi.


Ketiga belas dari Nadhir yang isinya nyuruh datang untuk main lagi, dan memberi ucapan terima kasih atas ilmu serta sikat giginya. :D


Keempat belas dari Munir yang isinya sih pujian-pujian kepada saya, hahahahah. Beginilah kurang lebih isinya "Kak Hakim orangnya putih, ganteng dan baik", pacar kakak aja gak pernah muji kayak gini kok, ehh emang Kak Hakim ada papapacar? :V


Kelima belas dari Annisa, yang isinya sih buat saya untuk kapan-kapan datang lagi. Iya deh InsyaAllah kalau ada kesempatan saya akan kesana lagi.


Dan itulah beberapa surat-surat kecil dari anak-anak Manyargading yang diberikan kepada saya, terima kasih atas sambutan dan antusiasmenya. Satu hal lagi, dengan anak-anak itu membahagiakan, anda tidak akan merasakan bahwa sebenarnya anda telah tua. :V

Penulis @hakimlfc13

(Tips Trik) Akhirnya Root, Install CWM, Pasang Costum Rom di Galaxy Young GT-5360 Y Tanpa PC!!!!!

Tampilan galyoung penulis sekarang

langitsenjaku13.blogspot.co.id – Lama gak nulis sih, sebenernya pengen nulis juga, tapi entah kenapa malas sekali, bahan dan foto buat nulis sudah ada, tapi saat dihadapan laptop kok lenyap bagai asap keangkasa. Udahlah abaikan hal itu, karena saya akan menulis yang agak mudah karena ini sih baru saya lakukan kemarin.

Nah gini, 4 tahun sudah saya memakai ponsel samsung galaxy young ini, terhitung mulai saat kelas 3 sekokah menengah atas, jaman dulu galyoung ini sudah termasuk hp idaman, ya walau sudah mulai ada ponsel yang lebih bagus. Awal mulanya sih gak ada keinginan buat ngutek-ngutek ponsel ini, dikarenakan ada banyak story didalamnya (sms, history panggilan, dan tentu catatan-catatan), tapi dikarenakan bonsannya menunggu tanggal wisuda dan menunggu panggilan kerja ya jadi deh galyong ane ini jadi pelampiasan.

Sebenernya pengalaman dalam rooting, sampai install costum rom bukan sekali ini saja! Sebelumnya saya sudah melakukannya pada beberapa ponsel, dari young dous, evercoss, himax polymer octa hingga jelima (samsung J5), dan alhamdulillah ya belum nemu problem sampai ponsel gagal hidup, ya mentok paling kena botlove deh, tapi katanya orang gak botlove gak cinta, hahahaha. :D

Dalam sehari ane kemarin setalah root dan pasang cmw, ada 3 costum rom yang sudah saya pakai! Pertama costum rom yang sebenarnya sih sangat mirip dengan stock rom jadi galyong sendiri, tapi ada beberapa sedikit kostumanisasi untuk memperindah dan memperlancar kinarja dari galyong itu sendiri. Link CuStock ROM GB DXMJ1 XDA

Kedua install rom yang katanya nougat, dan ya memang rasanya nougat dan versi androidnya nougat android 7.0, tapi ya jelas ini masih base android 2.3.6. Tapi bagi yang ingin nyoba rasanya nougat di galyoung, sumpah deh ini layak dicoba. Untuk tampilan stock android banget, jadi lancar jaya deh, cuma ada beberapa beberapa bug yang ane temui dalam pemakian sekitar 4 jam, pertama virtual soft button pada bagian bawah cukup ganggu buat ane, kedua imei hilang jadi buka ps gak bisa (untuk fix bisa diatasi dengan galyoung_fix_imei.zip), ketiga mayan boros baterai menurut ane. Dari hal ini akhirnya ane pindah ke yang lian, asal jangan gonta-ganti pasangan john. Link costum ROM SL v2.1 Style Nougat 7.0 XDA

Ketiga, ane nyoba costum rom yang saya suka, dan memang saya suka, sampai sekarang walau baru 2 hari tetap bertahan di costum rom ini whala this is ROM Hyperion 9 Final. Sedikit review ngih, nah costum rom ini sudah menyajikan fitur kostumanisasi yang terintregasi pada menu setting loh! Mulai dari mengatur toggle, indikator baterai, bahkan sampai mengatur speed pada CPU loh! Gimana kerenkan? Untuk musik juga sudah disediakan banyak efek yang akan memanjakan telinga anda. Untuk tampilan, yap samsung banget, tapi grace ux kan? Nah menggunakan icon ini, mau tanya lancar apa tidak? jelas lancarlah! Imei gak ilang johnnnnn dan yang paling asyik semuanya serba telanjang, wuihhh seru nih (eh jangan mikir yang macam-macam). Link ROM Hyperion 9 Final XDA.

Untuk step root, cwm dan install costum rom akan penulis tuliskan step by step dan bahan dibawah ini, cikidot mangga atuh disemak.

Bahan :
  1. Buat bahan root, update.zip mangga diunduh john.
  2. Buat bahan intsall cwm, cwm_bla_bla.zip siap disantap.
  3. Buat nanti install rom, CuStock ROM (harus install sebagai langkah awal, kalau nyaman boleh kok berhenti netap dihati abang), kedua costum ROM SL v2.1 Style Nougat 7.0 (opsional kalau mau nyoba ya silahkan), ketiga ROM Hyperion 9 Final (boleh juga kalau pengen merasakan apa yang saat ini dirasakan penulis).
  4. Buat bahan sunnah, soft_virtual_button.zip (bagi yang pengen punya soft button, santai aja yang ini bisa dikostumanisasi, bisa disembunyiin kalau gak kepakai, bahkan bisa ditampilin dan disembunyiin pake sensor loh).
Step by step.
  1. Keberanian, harga diri, kopi atau teh dan susu juga boleh (opsional boleh disiapkan biar gak tegang).
  2. Pindahkan semua bahan pada SDCrad, untuk lebih mudah taruh semuanya diluar jangan didalam folder.
  3. Ponsel harus posisi baterai diatas 70 persen, bagai yang 50 persen buat jaga-jaga mangga dicas dulu.
  4. Bila sudah siap baik kamu dan aku, eh maksudnya galyoungnya, langsung matikan ponsel galyoungmu. Tekan tombol VOLUME UP + ON/OFF + HOME secara bersamaan sampai muncul logo samsung dan lepas, sampai masuk ke recovery bawaan galyoung.
  5. Setelah masuk ke recovery bawaan, pilih wipe data dan cache terlebih dahulu, tunggu sampai selesai dan lanjutkan dengan pilih install/update zip dan kamu akan diarahkan ke bahan-bahan tapi ya kamu pilih file update.zip tunggul beberapa saat, dan reboot aja.
  6. Setelah kamu reboot dan masuk ke home galyoung, langsung aja cek ada superSU apa tidak? kalau ada maka whalaaa ponsel galyong sudah deh terROOT. Maka matiin lagi ponselmu, masuk kembali ke recovery kayak tadi.
  7. Lanjut deh install CWM, step yang sama kayak diatas tinggal install/update zip dan kamu pilih CWM_bla_bla_bla.zip tunggul hingga kamu masuk ke recovery CWM secara otomatis.
  8. Di saat sudah masuk recovery CWM kamu lansung aja wipe semuanya dan install costum rom CuStock ROM, tunggu hingga prosesnya selasai dan langsung aja deh reboot dan liat maka whalaa sudah terinstall deh kostum rom.
  9. Bagi yang ini menginstall SL v2.1 Style Nougat 7.0 dan ROM Hyperion 9 Final stepnya persis kayak diatas, minus yang root karena ponselmu udah terROOT ya!
Gambar saat ngeplay music

Sekian deh cerita yang sebenernya lebih berasa ke bacaan tutorial, resiko ditanggung sendiri, tapi kalau kamu sudah mengikuti sesuai step diatas Insyaallah gak akan botlove kok. Kalau gak berani nyoba maka gak bakalan tau hasilnya. Terima kasih XDA!!

Penulis @hakimlfc13

Monday, 18 September 2017

(Tips Trik) Pengen Install Touchwiz Samsung Terbaru S8 pada Ponselmu? Bisa Kok!

TW S8 bisa kamu install

langitsenjaku13.blogspot.co.id – Ponselmu samsung J5? Samsung J7? Atau ponsel samsung yang lain? Lalu kamu ingin tampilan terbaru samsung yang kayak samsung S8? Mau masuk menu tinggal swipe keatas, mau kembali ke home tinggal swipe atas atau bawah? Ohhh itu bisa, jelas bisa! Nah kali ini saya akan membagikan cara bagaimana merubah ponselmu untuk menjadi tampilan layaknya seperti S8. Sebelumnya terimakasih kepada Om Uchlim, karena TW ini karya dia.

Untuk memasang aplikasi Touchwiz ala samsung S8 maka ponselmu wajib minimal android MM, iya android 6.0 ingat! 6.0 loh, untuk Lolli belum tau, tapi kalau mau coba silahkan. Kedua ponselmu harus samsung, karena saya penulis memakai ponsel samsung J5, kalau ponselmu bukan samsung saya gak merekomendasikan, tapi kalau mau coba ya mangga, ini negera demokrasi, jadi penulis gak perlu ngekang anda.

Selanjutnya kamu harus mempunyai TW.apk samsung S8, ingat! Jangan donwload filenya diluar, karena belum tentu cocok, salah-salah malah ponselmu bisa bootlove! Setelah kamu donwload silahkan install seperti file biasa, setelah terinstall tinggal pencet tombol home saja, maka akan ada pilihan untuk memlilih Touchwiz, maka pilihlah Touchwiz samsung S8 yang baru kamu install, dan rasakan perubahannya.

Kamu juga bisa memindahkan semua aplikasi kelayar homesreen mirip ponsel merek tentangga juga, menyembunyikan aplikasi juga bisa, atur grid 4x5 atau 5x5 ya silahkan disesuaikan. Untuk bug ada diwidget cuaca, kalau widget cuaca lebih dari satu maka saat dipencet akan TW akan FC, maka untuk mengatasinya adalah memilih satu lokasi saya, kalaupun mau update selalu maka kamu bisa mengaktifkan GPSnya.

Bagi anda yang ingin menginstall TW S8, kami sediakan linknya dibawah ini, silahkan diunduh, untuk mempercantik kamu bisa install thema dan juga memasang widget cuaca yang sangat mirip dengan yang ada di S8 memakai Xwidget.

Link Donwload Disini!

Penulis @hakimlfc13

Tuesday, 12 September 2017

Saat Sadar Kamu Mulai Beranjak Dewasa, Ternyata Cukup Menakutkan

Saat kamu kecil dan saat kamu dewasa

langitsenjaku13.blogspot.com – Mau Wisuda ya? Pasti senang, tapi pasti setelah kamu berpikir jauh selanjutnya maka akan hmmm ada sedikit kekhawatiran, hemmm jangan munafik deh, pasti kamu merasakan, dan itulah yang menjadikan alasan saja tidak ada selebrasi berlebihan, saya setelah ujian dan dinyatakan lulus cuma sujud syukur didepan rumah (gak peduli orang yang lewat berpikir apaan, serta nadzar puasa 3 hari yang belum kesampaian) dan anti bunga-bungaan club.

Tantangan sebenarnya adalah saat kamu lulus, tekanan akan sangat tinggi dan kamu rasakan, mau kemana? Lanjut apa? kerja dimana? Kerja sesuai jurusan apa tidak? pertanyaan yang demikian itulah sering ada yang bahkan menjadi beban sandiri bagi saya, hahahaha sejujur saya ingin melangkah tanpa beban, tapi kayaknya sih sulit yak, bahkan untuk yang wisuda ini dan rencana akan melanjutkan studi lagi pun pasti merasakan tekanan seperti ini juga.

Kadang saya berpikir bahwa memang menjadi dewasa, saat usia mulai beranjak dewasa itu akan menakutkan, sebab kamu akan mulai berpikir realita bukan hanya sekedar mimpi, mencoba menyelaraskan mimpi dengan realita yang ada, mimpi yang kamu rencanakan itu mampu tidak kamu tuju dengan tapakan realita yang ada saat ini.

Terbesit pula, 4 tahun lalu saat menjadi maba, atau 7 tahun yang lalu saat masih menjadi siswa baru MA, atau 10 tahun lalu saat baru masuk MTs, bahkan 16 tahun yang lalu saat masih SD dan belum sekalipun berpikir realita masa depan yang saat ditanya “kamu kedepan mau menjadi apa? pasti menjawab pilot dan dokter” atau saat kamu tawuran dengan SD tetangga.

Lantas bagi mereka yang masa kuliahnya hanya dihabiskan dengan leha-leha, geber sana geber sini? Sudahkan kamu berpikir ini? Sudahkah kamu siap tantangan sebenarnya? Ingat kuliah sejatinya bukan ajang suka-suka, ajang cari gebatan, ajang geber-geberan, atau malahan yang berinistaif untuk kuliah lebih lama karena bisa menikmati kucuran dana orang tua, harap berpikir!

Sesal datang dikemudian hari, sesal datang saat kamu sudah tidak akan pernah mampu merubah jalan yang telah kamu buat sebelumnya dan saat itu saat kamu mulai sadar akan realita yang ada. Hmmm andaikan saya bisa menikmati masa kecil lebih lama, saya akan memilihnya, tapi sayang itu tidak mungkin, dan hari esok saya harus berdiri dikaki sendiri dan nyatakan menjadi dewasa itu cukup menakutkan.

Penulis @hakimlfc13